Jumat, 31 Juli 2015

227 Dokter Muda Baru FK UNIMAL Melaksanakan Coas

Sebanyak 227 Dokter Muda ( Coas/Mahasiswa Program Profesi Dokter) FK UNIMAL telah diberangkatkan untuk melaksanakan Kepaniteraan Klinik di berbagai rumah Sakit Pendidikan FK UNIMAL, setelah menjalani Pembekalan Pra- Coas selama  2 minggu.

Diantaranya, sebanyak 80 dokter muda ditempatkat di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin (RSPBA) Lampung telah diserah terimakan pada tanggal 27 Juli 2015 dari pihak FK UNIMAL ke pihak RSPBA.
Ini  merupakan angkatan II,setelah penempatan 40 dokter muda angkatan I yang sekarang sudah  menyelesaikan 10 stase dari 14 stase  kepaniteraan klinik di RSPBA Lampung. Selebihnya ,sebanyak 20  dokter muda ditempatkan di RS Haji Medan, 37 dokter muda di RSUD Binjai, 50 dokter muda di RSUD Kisaran, dan 40 dokter muda di RSJ Medan. Para dokter muda yang ditempatkan di RS pendidikan di Sumatera Utara ini mulai menjalankan Kepaniteraannya tanggal 03 Agustus 2015.

Pembekalan Pra-Coas dilaksanakan dengan tujuan agar dokter muda bisa mempersiapkan diri lebih baik sebelum coas dan dapat melaksanakan kepaniteraan klinik dengan lancar baik dan benar sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI).

Konsep Materi pembekalan terdiri dari Refresing Teori, Clinical Skill, Mini Stase, dan laporan kasus. Pada pembekalan tersebut para dokter muda juga dibekali tentang  Keselamatan Pasien (Patient Savety) dan Universal  Precaution di rumah sakit. Pada materi toeri juga disisipkan latihan menganalisis soal UKMPPD ( Uji Kompetensi Mahasiswa Progran Profesi Dokter), guna agar para dokter muda sejak awal kepaniteraan sudah terpapar dengan bentuk uji komptensi sehingga dokter muda bisa lebih aktif dan giat supaya sukses lulus UKMPPD   pada akhir masa kepaniteraan nantinya. Lulus UKMPPD barulah dokter muda ditetapkan lulus sebagai dokter umum  dan dapat diambil sumpah dokter.

Semua dokter muda FK UNIMAL yang diberangkatkan tersebut juga telah menandatangani Fakta Intergritas Coas FK UNIMAL, yang pada intinya mereka akan menjalani pendidikan dengan sebaik-baiknya, ber etika dengan tata krama dan sopan santun serta menghormati norma-norma yang berlaku di lingkungan RS pendidikan dan di lingkungan tempat tinggal serta selalu menjaga nama baik diri, keluarga ,rumah sakit pendidikan dan almamater FK UNIMAL. Jika melanggar fakta integritas tersebut mereka juga siap diberhentikan dari semua kegiatan kepaniteraan tersebut oleh pihak FK UNIMAL.

Selamat jalan para Dokter Muda FK UNIMAL, selamat berjuang di pendidikan profesi dokter, semoga dapat selesai tepat pada waktunya dan menjadi dokter yang baik dan benar, guna untuk menambah ketaqwaanmu kepada Allah, SWT, berbakti kepada orang tuamu,keluarga,masyarakat dan bangsamu. Amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar